Ujian Bahasa Korea Resmi (EPS-Topik) G to G

EPS-TOPIK sebelumnya dikenal dengan KLPT (korean language proficiency test), kemudian berubah menjadi EPS-KLT (employment permit system- korean language test) dan sekarang berubah menjadi EPS-TOPIK (employment permit system-test of proficiency in korean).

EPS-TOPIK adalah ujian atau tes kemampuan / kecakapan berbahasa korea bagi para peserta yang ingin melamar kerja ke korea selatan melalui program pemerintah bnp2tki yang bekerja sama dengan pemerintah korea melalui EPS (employment permit system) dan sertifikat kelulusan EPS-TOPIK ini merupakan salah satu syarat pokok yang harus dimiliki CTKI.

EPS-TOPIK isinya adalah soal-soal berbahasa Korea yaitu 25 soal membaca dan 25 soal mendengar adapun jawabannya yaitu dengan cara memilih nomor jawaban yang sudah disediakan(pilihan ganda), jadi tidak ada soal menulis.

EPS-TOPIK ini dalam penyelenggaraannya dibagi menjadi 2 jenis ujian, pertama PBT (paper base test) dan kedua CBT (computer based test). PBT berarti tes dengan soal dan jawaban pada kertas dan pesertanya adalah secara umum (siapa saja boleh ikut). Sedangkan CBT adalah tes dengan soal dan jawaban dengan menggunakan komputer. CBT dibagi menjadi 2 jenis yaitu CBT Khusus yang diperuntukkan bagi peserta ujian yang sudah pernah bekerja di korea dan pulang dengan suka rela (eks Korea), sedangkan CBT Umum diperuntukkan bagi para peserta pemula (bukan eks korea). Soal dan waktu sama seperti PBT, hanya bedanya menggunakan komputer. Lokasi CBT biasanya di gedung KITCC (Korea Indonesia Technical and Cultural Cooperation Center ) di Ciracas dengan waktu bisa seminggu lebih (tergantung jumlah peserta dan jumlah komputer yang digunakan).

Pelaksanaan PBT biasanya pada akhir pekan ( hari sabtu – minggu). Sehari 2 sesi yaitu sesi pagi jam 10.00 sampai dengan jam 11.10 dan sesi siang pada jam 14.30 sampai dengan jam 15.40) dan perlu anda ketahui bahwa tiap sesi beda soal. Satu sesi terdiri 4 tipe soal yaitu tipe A, B, C dan D. Tapi untuk soal mendengar mp3 listening hanya satu untuk semua tipe soal tersebut. Perbedaan tipe soal hanya pada modifikasi soal maupun jawaban namun sebenarnya intinya sama.

Waktu tes adalah 70 (tujuh puluh) menit dengan membaca 40 menit dilanjutkan soal mendengar 30 menit tanpa jeda. Soal Listening diujikan setelah terlebih dahulu peserta mengerjakan soal membaca dan audio soal mendengar diputar 2 kali dengan tanda khas bunyi bel ‘ting tung’. Pastikan listening diputar dari awal (pengantar) dan tidak ada yang terlewat. Jika ada yang terlewat dan anda merasa rugi, laporkan kejadian ini setelah selesai tes ke panitia ujian EPS TOPIK.

Mengenai situasi di kelas biasanya pengawas lokal bisa diajak kerja sama asal kita tenang. Tapi hati-hati jika ada pengawas Korea memasuki ruangan. Segala bentuk kecurangan yang terbukti akan dikenai sanksi, anda tidak boleh ikut ujian lagi kedepannya selama kurun waktu 2 tahun. Kecurangan-kecurangan itu antara lain mencontek, menukar lembar jawaban atau jika anda ketahuan mengginakan jasa joki.
Sebelum masuk ruangan anda akan diperiksa dengan alat detektor dan akan dimintai sidik jari serta wajib menunjukkan kartu ujian yang didapatkan saat validasi pendaftaran serta kartu tanda pengenal (KTP) atau passpor yang sesuai saat mendaftar.
Mengenai soal yang dikeluarkan bersifat close book (tertutup dan rahasia) tapi anda jangan khawatir sebab sumber soal berasal dari buku-buku yaitu standard textbook of EPS TOPIK (한국어 표준교재) yaitu buku yang berisi materi pembelajaran bahasa Korea untuk para calon pekerja Indonesia non profesional.

Untuk pendaftaran ujian bahasa Korea baik PBT mauun CBT sekarang sudah on-line dan informasinya bisa didapatkan melalui web resmi pemerintah di http://www.bnp2tki.go.id/

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *