Pokok Pembahasan Buku Standar Textbook Bahasa Korea

Pokok-Pembahasan-Buku-Standar-Textbook-Bahasa-Korea

Setelah memahami huruf korea dan tahu perbandingan antara bahasa Indonesia dengan bahasa Korea. Bagi para ctki yang akan menghadapi ujian bahasa Korea (EPS-TOPIK) dan peminat bahasa Korea pada umumnya sangat dianjurkan untuk memahami isi dari buku standar belajar bahasa korea terlebih dahulu sebelum mempelajari isi atau materi yang terkandung di dalamnya.

Seperti buku-buku bahasa asing lainnya, buku standar belajar bahasa Korea EPS-TOPIK ini terdiri dari beberapa bagian materi, dimana pada tiap bab dalam buku tersebut berisi tentang Percakapan, Kosakata, Tata Bahasa, Latihan, Aktivitas, Informasi Budaya dan ditutup dengan EPS-TOPIK.

1. 대화 (Percakapan)

Pada bagian ini dimaksudkan agar pembelajar bisa memahami materi pembelajaran dengan mudah, di bagian depan materi percakapan dituliskan penjelasan mengenai situasi percakapan dalam bahasa Indonesia.

Untuk memudahkan pemahaman, disertakan juga contoh kalimat dan penjelasan dalam bahasa Indonesia mengenai kosakata dan ungkapanungkapan yang dianggap perlu.

Selain itu, ditampilkan juga beberapa soal latihan untuk menilai seberapa jauh pembelajar telah menguasai materi pembelajaran.

2. 어휘 (Kosakata)

Kosakata yang muncul dalam buku pelajaran disertai dengan terjemahannya dalam bahasa Indonesia, dengan tujuan supaya pembelajar bisa mengingat dan membedakan dengan baik masing-masing kosakata tersebut (kosakata yang memiliki makna yang mirip, kosakata yang memiliki makna yang sama, lawan kata, dan lain sebagainya).

Selain soal latihan kosakata, disediakan juga latihan soal kalimat rumpang atau mengisi bagian yang kosong dalam kalimat.

3. 문법 (Tata Bahasa)

Dalam buku standar bahasa Korea Tata bahasa disusun dan disajikan dengan tabel agar mudah dipahami. Selain itu, untuk meningkatkan efisiensi belajar mandiri, disajikan pula perbandingan bahasa Indonesia dan bahasa Korea.

Penjelasan tata bahasa disampaikan dengan menggunakan contoh dan kemudian
membandingkannya dengan tata bahasa yang memiliki makna yang mirip serta telah dipelajari sebelumnya agar pembelajar mudah memahami perbedaan antara kedua tata bahasa tersebut.

4. 연습 (Latihan)

Buku Standar Bahasa Korea tersebut dilengkapi dengan soal mengenai kosakata dan tata bahasa yang disajikan dalam lembar halaman yang sama supaya pembelajar bisa langsung berlatih setelah belajar.

Latihan kosakata diberikan setelah pembahasan kosakata, dan soal latihan tata bahasa diberikan setelah pembahasan tata bahasa dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi pembelajaran. Selain itu, disediakanpula soal latihan tambahan bersama dengan jawabannya agar pembelajar bisa mendalami kosakata dan tata bahasa yang dipelajarinya pada setiap pelajaran.

5. 활동 (Aktivitas / Kegiatan)

Pada bagian aktivitas ditampilkan dalam bahasa Indonesia dengan tujuan untuk meningkatan efisiensi pembelajaran mandiri. Melalui bagian kegiatan aktivitas, diharapkan pembelajar bisa menilai berhasil tidaknya pembelajaran yang telah dilakukannya.

Buku ini dilengkapi pula dengan mengisi bagian yang kosong untuk mendorong dan memotivasi pembelajar supaya tetap bersemangat dalam belajar.

6. 정보 • 문화 (Informasi • Budaya)

Pada bagian Informasi dan Budaya diterjemahkan dalam bahasa Indonesia supaya bisa disampaikan dengan lebih tepat. Melalui bagian , pembelajar juga dapat menilai dirinya sendiri apakah telah memahami materi yang disampakan.

7. EPS-TOPIK

Pada akhir materi disediakan soal membaca dan menyimak, juga diberikan penjelasan singkat dalam bahasa Indonesia mengenai topik yang dibahas sehingga walaupun kemampuan bahasa Korea pembelajar masih kurang, pembelajar bisa belajar sendiri tanpa kesulitan.

Dalam bagian ini ditampilkan pula naskah menyimak dalam bahasa Korea dan bahasa Indonesia beserta jawaban naskahnya untuk meningkatkan keefektifan dalam belajar. Selain itu, disertakan juga agar pembelajar bisa berlatih dengan soal lain yang berbentuk mirip. Dengan demikian, efektivitas pembelajaran bisa dimaksimalkan.

Semoga Bermanfaat

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *