PERSYARATAN UJIAN BAHASA KOREA (EPS-TOPIK) SEKTOR PERIKANAN

Beberapa persyaratan yang harus disiapkan bagi calon peserta ujian bahasa korea sektor perikanan baik di bidang Budidaya Perikanan (sea farming) atau bidang Penangkapan Ikan (In and Off – Shore Fishery) adalah sebagai berikut :
1. Kualifikasi Umum
• Usia 18 – 39 tahun saat mendaftar
• Pendidikan :
1. Pendidikan minimal SLTP atau sederajat dan memiliki pengalaman kerja bidang perikanan atau memiliki sertifikat pelatihan bidang perikanan atau memiliki sertifikat nasional/kompetensi bidang perikanan.
2. Pendidikan minimal lulusan SUPM (Sekolah Usaha Perikanan Menengah) atau SMK Perikanan bagi yang belum memiliki pengalaman kerja bidang perikanan.
• Memiliki sertifikat keselamatan kerja atau Basic Safety Training (BST) Bidang Perikanan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan/Lembaga lain yang diakreditasi oleh Kementerian Perhubungan
Catatan :
Bagi yang belum memiliki BST, dapat diunggah/diupload pada saat pendaftaran ujian tahap II.
• Tidak buta warna dibuktikan dengan surat keterangan dokter.
• Tidak memiliki cacat jari tangan dan kaki atau amputasi.
• Tidak sedang dicekal bepergian ke Luar Negeri.
• Belum pernah dihukum penjara atau hukuman yang lebih berat.
• Tidak memiliki catatan deportasi atau keberangkatan dari Pemerintah Republik Korea.
• Tidak memiliki riwayat penyakit Tubercholosis (TBC), Hepatitis dan Shypilis.
• Memiliki alamat email pribadi yang masih aktif.
• Memiliki nomor rekening tabungan atas nama pribadi yang masih aktif.
• Tidak pernah bekerja di Korea Selatan lebih dari 5 tahun, termasuk penggabungan dengan menggunakan Visa E-9 dan Visa E-10

2. Kualifikasi Khusus
a. Budidaya Perikanan
Diutamakan minimal memiliki salah satu kualifikasi khusus dibawah ini :
a. 1 Memiliki pengalaman kerja di dalam atau di luar negeri selama 1 tahun atau lebih dibidang Budidaya Perikanan, dibuktikan dengan :
– Bagi yang memiliki pengalaman kerja dan memiliki Surat keterangan pengalaman kerja dari perusahaan tempat bekerja, mengunggah/mengupload surat keterangan pengalaman kerja dan mengisi Formulir 1 (yang dapat diunduh pada lampiran pengumuman di web bnp2tki).
– Bagi yang memiliki pengalaman kerja tetapi tidak memiliki surat keterangan pengalaman bekerja, mengisi Formulir 2 (yang dapat diunduh pada lampiran pengumuman ini) dengan mencantumkan 2 (dua) orang dari tempat bekerja sebagai penjamin dengan tanda tangan diatas materai Rp.6.000, serta dilampirkan salinan ID/ KTP/ Paspor penjamin dan kontak personnya.
– Bagi yang memiliki pengalaman bekerja di luar negeri wajib melampirkan sertifikat pengalaman kerja, VISA Kerja Bidang Perikanan dan cap imigrasi serta mengisi Formulir 1 (yang dapat diunduh pada lampiran pengumuman di web bnp2tki).

a. 2 Memiliki sertifikat pelatihan vokasional/ kejuruan dibidang budidaya perikanan yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)/ Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)/ Institusi Pemerintah, dengan harus mencakup:
– Nama lembaga penyelenggara pelatihan
– Materi pelatihan
– Jumlah jam pelatihan (minimal 120 jam pelatihan)
Catatan : Jika tidak memenuhi ketentuan tersebut, maka sertifikat pelatihan tidak mendapatkan poin penilaian oleh HRD Korea

a. 3 Memiliki sertifikat kompetensi nasional dibidang budidaya perikanan yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

b. Penangkapan Ikan
Diutamakan minimal memiliki salah satu kualifikasi khusus dibawah ini :
b. 1 Memiliki pengalaman kerja di dalam atau di luar negeri selama 1 tahun atau lebih dibidang penangkapan ikan, dibuktikan dengan :
– Bagi yang memiliki pengalaman kerja dan memiliki surat keterangan pengalaman kerja dari perusahaan tempat bekerja, mengunggah/mengupload surat keterangan pengalaman kerja atau Keterangan Berlayar pada Buku Pelaut (pada lembar penyijilan / keterangan berlayar) dan mengisi Formulir 1 (yang dapat diunduh pada lampiran pengumuman ini).
– Bagi yang memiliki pengalaman kerja tetapi tidak memiliki surat keterangan pengalaman kerja, mengisi Formulir 2 (yang dapat diunduh pada lampiran pengumuman di web bnp2tki) dengan mencantumkan 2 (dua) orang dari tempat bekerja sebagai penjamin dengan tanda tangan diatas materai Rp.6.000, serta dilampirkan salinan ID/ KTP/ Paspor penjamin dan kontak personnya.
– Bagi yang memiliki pengalaman bekerja di luar negeri wajib melampirkan sertifikat pengalaman kerja, VISA Kerja Bidang Perikanan dan cap imigrasi serta mengisi Formulir 1( via download).

b. 2 Apabila bukan seorang nelayan maka calon merupakan lulusan SMK/SUPM di bidang penangkapan ikan.

b. 3 Memiliki sertifikat pelatihan vokasional/ kejuruan dibidang penangkapan ikan yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)/ Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)
/ Institusi Pemerintah, dengan harus mencakup mencakup:
– Nama lembaga penyelenggara pelatihan
– Materi pelatihan
– Jumlah jam pelatihan (minimal 120 jam pelatihan)
Catatan : Jika tidak memenuhi ketentuan tersebut, maka sertifikat pelatihan tidak mendapatkan poin penilaian oleh HRD Korea

b. 3 Memiliki sertifikat kompetensi nasional dibidang penangkapan ikan yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) atau Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

sumber: bnp2tki

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *