Belajar Bahasa Korea Mengenal Huruf Korea

1. 한글 소개 (Pengenalan Han geul)

Kali ini saya akan berbagi tentang asal usul dan pelafalan huruf Korea atau biasa disebut han-geul. Yang menarik disini karena materi yang saya ambil bersumber dari buku standar belajar bahasa Korea yang di terbitkan HRD Korea untuk para calon tenaga kerja Indonesia.

Han-geul dibuat pada zaman Dinasti Joseon pada tahun 1443 oleh Raja Sejong. Sebelum Han-geul diciptakan, masyarakat Korea pada saat itu menggunakan karaktek Cina untuk menulis. Akan tetapi, bagi rakyat jelata Korea karakter Cina ini sangatlah susah untuk dipelajari. Oleh karena itu, Raja Sejong menciptakan Han- geul yang mudah digunakan oleh rakyat secara umum.

(1) Beginilah cara huruf vokal diciptakan.

terbentuknya huruf vokal

Vokal ‘ㅏ, ㅑ, ㅓ, ㅕ, ㅗ, ㅛ, ㅜ, ㅠ’ dibuat berdasarkan 3 vokal dasar yang meniru bentuk langit(•), orang(I), tanah(ㅡ). Vokal yang lainnya dibuat dari gabungan huruf vokal ini.

(2) Beginilah cara huruf konsonan diciptakan.

terbentuknya huruf konsonan

(3) Suku kata dapat ditulis seperti ini.

penyusunan suka kata

2. 모음 1 (Vokal 1)

vokal 1

Vokal dalam bahasa Korea berjumlah 21 buah. Kedua puluh satu vokal tersebut terbagi menjadi 2 jenis, yaitu vokal vertikal (ㅣ, ㅏ, ㅑ, ㅓ, ㅕ) dan vokal horisontal (ㅡ, ㅗ, ㅛ, ㅜ, ㅠ).

(1) Coba ucapkan ‘ㅏ’. Kemudian ucapkan ‘ㅓ’. Perbedaan apa yang nampak pada bentuk mulut kita, saat mengucapkan ‘ㅏ’ dan ‘ㅓ’ tadi? Ketika mengucapkan ‘ㅏ’ mulut dibuka lebih lebar daripada saat mengucapkan ‘ㅓ’. Perhatikan bentuk mulit ketika mengucapkan ‘ㅏ’ dan ‘ㅓ’.

vokal

(2) Coba ucapkan ‘ㅜ’. Kemudian, ‘ㅗ’. Perbedaan apa yang nampak pada bentuk mulut kita, saat mengucapkan ‘ㅜ’ dan ‘ㅗ’ tadi? Ketika Ucapkanlah secara bergantian ‘ㅜ’ dan ‘ㅗ’ sambil memperhatikan bentuk mulut ketika mengucapkannya.

u

(3) Coba ucapkan ‘ㅣ’. Kemudian , ucapkan ‘ㅡ’. Ada perbedaan apa pada bentuk mulut kita, saat mengucapkan ‘l’ dan ‘ㅡ’? Ketika mengucapkan ‘ㅣ’ lidah harus lebih dimajukan dibandingkan saat mengucapkan ‘ㅡ’. Ucapkan ‘l’ dan ‘ㅡ’ secara bergantian sambil memperhatikan bentuk mulut.

i

Berikut adalah latihan-latihan vokal yang digabung.

(1) Coba lafalkan ‘ㅑ’. Kemudian ‘ㅕ’. Pada saat mengucapkan ‘ㅑ’, suarakanlah bunyi ‘ㅣ’ dengan nada pendek, dan bunyi ‘ㅏ’ dengan nada yang lebih panjang. Kemudian, ketika mengucapkan ‘ㅕ’, suarakanlah bunyi ‘ㅣ’ dengan nada pendek, dan bunyi ‘ㅓ’ dengan nada yang lebih panjang.

ya

(2) Coba lafalkan ‘ㅛ’. Kemudian, ‘ㅠ’. Bunyi ‘ㅛ’ dihasilkan dengan cara mengucapkan bunyi ‘ㅣ’ dengan pendek dan kemudian disambung dengan mengucapkan ‘ㅗ’ dengan nada yang lebih panjang. Bunyi ‘ㅠ’ dihasilkan dengan cara mengucapkan ‘ㅣ’ dengan pendek dan kemudian dilanjutkan mengucapkan ‘ㅜ’ dengan nada yang lebih panjang.

yo

Bagaimana cara menulis vokal? Vokal vertikal ditulis dari atas ke bawah, sedangkan vokal horizontal ditulis kiri ke kanan.

penulisan kata

Dalam tulisan, konsonan dan vokal harus digunakan bersama-sama. Jika tidak ada awalan konsonan konsonan, bentuk bundar/lingkaran ‘ㅇ’ ditulis sebagai awalan. Untuk vokal vertikal, ‘ㅇ’ ditulis di sebelah kiri, dan untuk vokal horisontal, ‘ㅇ’ ditulis di atas.

atas bawah

3, 모음 2 (Vokal 2)

vokal 2

(1) Sebenarnya ‘ㅐ’ dan ‘ㅔ’ mempunyai bunyi yang berbeda. Namun, karena kedengarannya sangat mirip, tidak harus dibedakan saat mengucapkannya.

ㅐ[ɛ]             ㅔ[e]

(2) Coba ucapkan ‘ㅒ’ dan ‘ㅖ’. Dua suara ini pun dilafalkan oleh banyak orang Korea dengan suara yang tidak terlalu berbeda.

ㅒ[jɛ]            ㅖ[je]

(3) Coba ucapkan ‘ㅚ’ , ‘ㅙ’ dan ‘ㅞ’. Ketiga suara ini juga mempunyai pelafalan suara yang mirip.

ㅚ[we]           ㅙ[wɛ]             ㅞ[we]

(4) Coba ucapkan ‘ㅘ’. Kemudian, ucapkan ‘ㅝ’. Cobalah untuk melafalkannya secara bergantian.

ㅘ[wa]            ㅝ[wʌ]

(5) Cobalah untuk mengucapkan ‘ㅟ’ dan ‘ㅚ’ secara bergantian.

ㅟ[y/wi]           ㅚ[ø/we]

(6) Bacalah ‘ㅢ’ sekali lagi. Cobalah baca dengan melafalkan ‘ㅡ’ lalu dilanjutkan dengan melafalkan ‘ㅣ’ secara cepat.

ㅢ[ɯi]

Dalam tulisan, konsonan dan vokal harus digunakan bersama-sama. Jika sebuah suku kata tidak diawali dengan konsonan, maka bentuk bundar/lingkaran ‘ㅇ’ ditulis sebagai awalan. Untuk vokal vertikal, ‘ㅇ’ ditulis di sebelah kiri dan untuk vokal horizontal, ‘ㅇ’ ditulis di atas.

 

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *