Hak Dan Kewajiban TKI Korea Selatan Berdasarkan Hukum

Hak-dan-Kewajiban-TKI-Korea-Selatan

Aplikasi Undang-undang Nasional Tenaga Kerja

  1. Undang-undang Hubungan Tenaga Kerja Nasional seperti Undang-Undang Standar Tenaga Kerja, Undang-Undang Upah Minimum, Keselamatan dan Kesehatan Kerja Undang-Undang yang diterapkan sama kepada pekerja asing dan orang Korea.
  2. Hak yang benar adalah mungkin melalui perbaikan Kondisi Kerja Departemen dan Komisi Hubungan Tenaga Kerja dalam kasus tindakan ilegal / perlakuan buruk oleh majikan seperti pelanggaran kontrak kerja, pemecatan yang tidak adil.
  3. Namun, UU Hubungan Nasional tidak diterapkan kepada mereka yang bekerja di rumah tangga atau pemberi perawatan untuk orang sakit (sama-sama berlaku untuk pribumi dan pekerja asing).
  4. Selain itu, UU Standar Tenaga Kerja jam kerja / hari libur / jam istirahat tidak diterapkan pada pekerja asing yang bekerja di bidang pertanian dan industri peternakan dan perikanan (sama-sama berlaku untuk pribumi dan pekerja asing)

Undang-Undang Standar Tenaga Kerja

  1. Jam kerja standar 40 (44) jam seminggu (delapan jam sehari). Jam yang dapat diperpanjang atas kesepakatan antara pihak.
  2. Pekerja ‘upah akan dibayarkan secara teratur selama sebulan sekali dalam bentuk tunai atau ke rekening bank pada tanggal yang ditentukan dalam kontrak kerja
  3. Tenaga kerja asing berhak menerima uang lembur untuk pekerjaan ekstra atau shift malam (22:00-06:00) atau bekerja pada hari libur. (Tidak berlaku untuk perusahaan mempekerjakan kurang dari 4 karyawan)
  4. Tenaga kerja asing berhak menerima pembayaran pensiun ketika para pekerja telah bekerja selama lebih dari 1 tahun terus menerus (Tidak berlaku untuk perusahaan mempekerjakan kurang dari 4 karyawan)

Undang-Undang Upah Minimum

  1. Pekerja asing dapat dibayarkan atas upah minimum yang ditetapkan oleh undang-undang

Industri Undang-Undang Asuransi Kecelakaan

  1. Dalam kasus cedera atau penyakit yang sedang bertugas keluarga yang berduka dapat menerima, perawatan kesehatan / manfaat pengobatan , kompensasi untuk penangguhan pekerjaan, kompensasi bagi penyandang cacat,

Aplikasi Asuransi Sosial

  1. Industri Asuransi Kecelakaan, Asuransi Kesehatan Nasional, Pensiun Nasional (kebijakan timbal balik berlaku) diterapkan

Pelarangan Perlakuan Diskriminatif

  1. Diskriminasi terhadap pekerja asing dilarang sebagaimana diatur dalam Pasal 22 dari Undang-undang (Larangan Diskriminasi)
  2. Namun diskriminasi yang wajar sesuai dengan produktivitas dan kemampuan pekerja asing dapat disetujui

Peraturan-peraturan tentang masa kerja

  1. Tenaga kerja asing dapat dipekerjakan di Korea untuk maksimum 3 tahun, tetapi keluarga menemani dibatasi. Setelah berakhir masa tinggal, pekerja asing harus berangkat dari Korea dan pekerja tidak dapat bekerja di Korea lagi kecuali setelah 6 bulan dari hari keberangkatan (periode pembatasan kerja) di EPS berdasarkan Undang-undang (Pasal 18 dari Undang-Undang tentang Ketenagakerjaan, dll Pekerja Asing)
  2. Namun, periode tinggal pekerja kontrak berakhir dapat diperpanjang hanya 1 kali dalam waktu 2 tahun sesuai dengan tenaga kerja pembaruan hubungi jika permintaan majikan pekerja reemployment sebelum keberangkatan. (dalam Pasal 18 UU tentang Ketenagakerjaan, dll Pekerja Asing)

Menyelesaikan Pelatihan Kerja

  1. Tenaga kerja asing harus mengikuti Pelatihan Kerja yang dilakukan oleh lembaga Pelatihan Kerja setelah mereka masuk ke Korea

Medical checkup

  1. Tenaga kerja asing harus pergi di bawah pemeriksaan medis selama Pelatihan Kerja
  2. Mereka yang gagal dalam pemeriksaan medis dapat dikenakan pemeriksaan medis kedua. Jika gagal pemeriksaan medis kedua , pekerja akan dipulangkan ke negara asal.

Bergabung 4 Asuransi Utama EPS

  1. Tenaga kerja asing harus bergabung dengan 4 EPS utama asuransi selama Pelatihan Kerja (Kembali Biaya Asuransi, Asuransi Kecelakaan)
    • Asuransi Kepulangan adalah untuk tiket penerbangan ke negara asal saat pekerja asing pulang
    • Asuransi Kecelakaan kerja non-luka dan penyakit

Periode Pembaharuan Kontrak Kerja dan Perpanjangan Izin Tinggal

  1. Jika kontrak kerja telah berakhir, kontrak kerja perlu diperbarui. Jika kontrak ini telah diperbarui, izin perpanjangan untuk periode tinggal harus diperoleh di kantor Imigrasi setempat.

Perubahan Tempat Kerja

  1. Pekerja mulai bekerja di perusahaan sesuai dengan tempat kontrak kerja .
  2. Pekerja tidak dapat pindah ke satu tempat kerja lainnya tanpa alasan
  3. Perubahan tempat kerja secara terbatas diperbolehkan

Sumber : https://www.eps.go.kr

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *